19 May 2017 yang lalu

Beberapa waktu lalu sebuah fenomena telah menggemparkan Rusia, tepatnya di Republik Yakutia. Yaitu adanya tanah yang terbelah sehingga menjadi lubang yang sangat besar. Hal itu terjadi akibat lelehnya permafrost dan berubah menjadi es, sehingga lapisan tersebut membentuk seperti lubang mulut yang besar.

Di dalam lubang yang dinamakan batagaika itu ditemukan berbagai macam bangkai hewan serta hutan yang telah membatu. Menariknya di situ terdapat dua tunggul pohon yang besar. Hal ini membuktikan bahwa dulu sebelum adanya lubang tersebut terdapat hutan yang sangat lebat. Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bangkai mammoth purba dan jenis hewan purba yang hidup ribuan tahun yang lalu.

batagaikacraterforest3

Sumber: messagetoeagle.com

Sekitar 200 ribu tahun lalu sampai sekarang lubang tersebut telah tumbuh dari 10 sampai 30 meter per tahun. Pergeseran lapisan demi lapisan tanah batagaika menandakan perubahan iklim secara bertahap dan terus-menerus. Sehingga lubang besar yang disebut mulut neraka tersebut semakin hari terlihat semakin membesar.

Sedangkan tingkat gas rumah kaca atau absolut CO2 di atmosfer tersebut telah mencapai 400 bagian per juta, naik 120 bagian per juta dibanding masa sebelumnya yakni 280 bagian per juta. Hal ini tentu menjadi dampak buruk bagi kehidupan.

Meskipun batagaika memberikan efek buruk, yaitu menyemburkan gas rumah kaca, di sisi lain lubang tersebut juga memberikan manfaat. Manfaat tersebut adalah adanya lapisan serbuk sari yang berada tepat di antara permafrost yang leleh tersebut.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Samz

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?