07 Jan 2018 yang lalu

Program nuklir memang menjadi salah satu tujuan utama negara-negara maju di dunia untuk mempersenjatai diri mereka demi menghadapi perang dengan negara lain.

Pengolahan nuklir dilakukan di bunker khusus dan rahasia, namun karena berbagai alasan akhirnya ada beberapa yang ditinggalkan dan terbengkalai. Seperti dilansir dari laman list 25, berikut adalah 5 bunker yang terbengkalai.

1. Maginot

bunker nuklir 5

Sumber: list25.com

Dibangun oleh Prancis demi melindungi mereka dari serangan Jerman, bunker sekaligus benteng pertahanan ini gagal dan menyebabkan kekalahan. Akhirnya bunker nuklir itu ditinggalkan dan terbengkalai hingga saat ini.

2. Bunker Hitler

bunker nuklir 3

Sumber: list25.com

Kelompok Nazi membangun bunker di tahun 1930-an*, dengan harapan akan didatangi oleh pemimpin mereka, sayangnya setelah **Perang Dunia II pecah, mereka ditangkap dan bunker itu ditinggalkan.

3. Duga Radar

bunker nuklir 2

Sumber: list25.com

Dikenal dengan nama "Steel Yard", ini adalah bunker Soviet yang akhirnya ditinggalkan karena posisinya terlalu dekat dengan Chernobyl sehingga terkena radiasi berbahaya dari nuklir yang dulu meledak.

4. Ċ½eljava Air

bunker nuklir 4

Sumber: list25.com

Salah satu benteng terbesar di Eropa ini juga digunakan untuk pengolahan nuklir secara rahasia, sayangnya akibat perang Yugoslavia akhirnya membuatnya ditinggalkan dan terbengkalai juga dipenuhi ranjau darat yang berbahaya.

5. Greenbrier

bunker nuklir 1

Sumber: list25.com

Dibangun tahun 1959 hingga 1992 secara rahasia dengan misi pengolahan nuklir yang besar, bunker yang satu ini akhirnya ditinggalkan karena bocor ke media dan menjadi kontroversial di dunia. Akhirnya banyak pihak yang mencoba cuci tangan dari kasus ini karena tak ingin terlibat masalah.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Sun

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?