6 hari yang lalu

Sebuah pulau kecil di Laut Jepang bakal dianugerahi oleh UNESCO status sebagai warisan dunia. Namun ada sedikit kontroversi mengenai pulau ini.

Soalnya, pulau kecil ini hanya boleh dimasuki oleh pria saja. Okinoshima adalah pulau kecil seluas 971 km persegi dan merupakan bagian dari kota Munakata, Fukuoka.

island-570x409

Sumber: google.com

Pada awal abad ke-4, Okinoshima adalah tempat berhenti para pelaut, terutama orang-orang Munakata, untuk melakukan pelayaran dagang di Asia Timur.

Dipercaya sebagai tempat yang sakral, pulau itu didatangi orang yang membawa sesaji persembahan bagi dewa-dewa agama Shinto agar mendapat perlindungan.

shrine-570x349

Sumber: google.com

Praktek ini berlangsung hingga abad ke-9. Di bawah kepemilikan Kuil Munakata Taisha, Okinoshima menjadi tempat yang terbatas. Pulau ini hanya memiliki satu penduduk penuh waktu, yaitu pekerja di kuil tersebut. Dialah yang memastikan hanya pria, terutama pendeta, yang mengunjungi pulau itu.

Salah satu caranya adalah mengawasi para pendeta Shinto itu dengan menelanjangi diri sebelum menginjakkan kaki di pulau untuk memastikan mereka benar-benar pria.

Wanita dilarang masuk ke pulau ini karena menstruasi, yang bagi agama Shinto dianggap sebagai tanda ketidakmurnian.

murrelet-570x380

Sumber: google.com

Alasan lain UNESCO memberikan Okinoshima status warisan dunia karena pulau itu merupakan rumah bagi burung murrelet, sejenis burung auk Jepang yang terancam punah.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Muhammad Ilham Afdillah

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?