19 May 2017 yang lalu

Keberadaan hewan di bumi semakin lama semakin sedikit. Hal tersebut disebabkan oleh maraknya perburuan liar dari tangan-tangan jail manusia sehingga menyebabkan hewan-hewan yang seharusnya dilindungi jadi terancam punah keberadaannya.

Hewan dengan ukuran yang kecil akan terlihat sangat imut dan menggemaskan, meski beberapa di antaranya ada yang menyeramkan. Namun hal itu justru membuat kita penasaran ingin melihat, bahkan memegangnya. Karena rasa penasaran tersebut, tak jarang orang-orang ingin memilikinya hingga berujung pada pemburuan hewan untuk diperjualbelikan.

Tentu hal tersebut dapat mengancam kelangsungan populasi hewan, bahkan parahnya lagi bisa memunculkan kepunahan. Berikut gambaran 12 hewan terkecil di dunia yang terancam punah.

1. Bumblebee Bat (Si Kelelawar Kecil)

0animalpicturesociety.com

Sumber: animalpicturesociety.com

Memiliki nama Latin Kitii Hog-Nosed, sebagai jenis kelelawar terkecil yang keberadaannya hampir punah di habitat aslinya. Hewan yang sepanjang siang selalu tidur dan hanya beraktivitas di malam hari ini adalah jenis kelelawar yang hanya memiliki tinggi badan antara 4-6 sentimeter, sedangkan beratnya tidak lebih dari 1 ons.

Hewan ini cukup banyak ditemukan di habitat aslinya, Thailand. Meski cukup banyak di habitat aslinya, hewan ini terancam punah lantaran jumlahnya yang semakin hari kian berkurang. Sama dengan kelelawar lain, Bumblebee Bat hidup di gua dengan jumlah lebih dari 100 ekor kelelawar per goa, tapi jumlahnya juga bisa lebih tergantung ukuran goa tersebut.

2. Pygmy Jerboa

1nationalgeographic.com

Sumber: nationalgeographic.com

Pygmy Jerboa salah satu tikus imut yang sudah banyak dikenal orang. Hewan berdecit ini bisa membuat orang takjub dengan kehalusan dan kelembutan serta keindahan dari bulu yang dimilikinya. Melihatnya saja bisa membuat orang gemas apalagi jika kita menyentuh atau memeluknya.

Hewan ini mampu berlari sampai 15 mil per jam dengan kecepatan konstan, bahkan bisa lebih cepat dari itu jika ia merasa terancam. Dua kaki bagian depan dari tikus imut ini lebih pendek jika dibandingkan dengan kaki bagian belakang. Layaknya seekor kangguru, tikus imut ini menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan.

3. Si Ular Mungil

2nationalgeographicccc.com

Sumber: berkahkhair.com

Hewan bernama Latin Leptotyphlops Carlae ini adalah hewan melata terkecil di dunia. Meski ukurannya sangat kecil, Leptotyphlops masih tergolong jenis ular. Mungkin saat pertama kali melihat kita akan mengira bahwa itu adalah seekor cacing.

Ukuran tubuh Leptotyphlops hanya sekitar 10 sentimeter. Mungkin itu yang membuat ia bisa berlari dengan cukup kencang. Hewan ini hanya mampu bertelur satu butir dalam masa-masa reproduksinya dan hanya bisa bertelur satu butir, juga hanya 70% harapan telur tersebut untuk menetas. Sehingga para peneliti Zoology mengasumsikan bahwa hewan ini sangat terancam punah.

4. Thumbelina (Kuda)

3animalpicturesociety.com

Sumber: berkahkhair.com

Thumbelina masih termasuk dalam keluarga kuda. Ia menjadi yang terkecil dalam jenisnya, dengan tinggi yang hanya mencapai 0,45 meter dan berat sekitar 26 kilogram. Saking unik dan imutnya, kuda mini ini sampai-sampai memiliki berbagai fans club di beberapa belahan dunia.

Kay dan Paul Goesling, peternak sekaligus pemilik kuda mini mengatakan penyebab ukuran tubuh Thumbelina menjadi kecil karena kuda ini mengidap penyakit Syndrome Dwarfisme, yaitu penyakit dimana si penderitanya memiliki masalah dalam pertumbuhan.

5. Boo Boo Dog (Anjing)

4berkahkahir.com

Sumber: berkahkhair.com

Sejak terakhir kali diukur, anjing yang memiliki nama unik Boo Boo Dog ini hanya memiliki ukuran tubuh 4 inci, dan kabarnya ukuran tersebut tidak akan bisa bertambah. Anjing yang tergolong ke dalam keluarga Chihuahua ini hanya mau memakan kacang polong dan daging ayam kalkun.

6. Paedocypris Progenetica (Ikan)

5wetwebmedia.com

Sumber: wetwebmedia.com

Paedocypris adalah ikan terkecil dalam jenisnya. Ikan yang hanya hidup di perairan Asia Tenggara ini hanya memilik ukuran 1 hingga 3 inci. Hal yang membuatnya unik dan luar biasa adalah kemampuannya bertahan di air yang kadar keasamannya sangat tinggi.

Paedocypris pernah mencatatkan dirinya di Gueness Book of Record sebagai jenis ikan terkecil dunia. Ikan ini mampu bertahan lama jika hidup di rawa-rawa. Namun sayangnya, di habitat aslinya banyak penggarapan lahan untuk dijadikan perumahan membuat keberadaan ikan ini terancam punah.

7. Patu Digua (Laba-laba)

6satujam.com

Sumber: satujam.com

Patu Digua hanya memiliki ukuran tubuh 0,037 - 0,059 sentimeter. Karena ukurannya tersebut ia dinobatkan sebagai laba-laba terkecil di dunia. Laba-laba jenis ini hanya bisa ditemukan di Kolumbia.Di negara asalnya, keberadaan hewan ini sangat sulit ditemukan lantaran ukurannya yang super mungil. Patu Digua menjadi salah satu makanan yang paling mudah dimangsa bagi reptil seperti tokek dan cicak.

8. Royal Antelop

7insureango.com

Sumber: insureandgo.com

Royal Antelop tercatat sebagai mamalia terkecil di dunia. Carl Linnaeus, adalah orang yang pertama kali mempopulerkan Royal Antelop pada tahun 1758 di Swedia. Ia hanya memiliki tinggi 25 sentimeter dan berat badan antara 2,5 hingga 3 kilogram. Ia memiliki kaki yang panjang dan ramping, juga tanduk runcing dan halus tapi pendek, serta sedikit melengkung kebelakang yang dimiliki para pejantannya. Hal yang membuatnya unik adalah bulu putih cerah yang mengitari di bagian tengah sekitar dada.

9. Bee Hummingbrid (Burung)

8twimg.com

Sumber: twimg.com

Bee Hummingbird adalah sejenis burung yang pertama kali ditemukan di Kuba. Dengan panjang tubuh yang tak lebih dari 6,5 sentimeter dan berat 1,6 gram ini menjadikan Hummingbird sebagai burung terkecil di dunia. Ia memiliki paruh yang panjang tapi kecil, dan ekor dengan sedikit corak berwarna hitam di bagian punggung. Dengan tubuh hampir setara dengan lebah, Bee Hummingbrid dapat terbang dengan cepat. Bee Hummingbird memiliki manfaat bagi beberapa bunga karena dapat membantu penyerbukan.

10. Etruscan Shrew

9iacpublishinglabs.com

Sumber: iacpublishinglabs.com

Etruscan Shrew termasuk dalam jenis tikus yang mirip hamster. Dari segi ukuran hewan ini sangat kecil, bahkan saking kecilnya, mata manusia bisa tertipu dan mengira ia kumbang dengan tanduk berukuran 5,2 sentimeter dan berat 1,5 - 2,5 gram. Etruscan Shrew hidup dalam habitat dengan suhu hangat serta sedikit lembap yang dikelilingi semak belukar. Hewan ini dapat ditemukan di Benua Asia, beberapa wilayah Afrika, dan semakin meluas ke wilayah Amerika.

Meski memiliki tubuh yang mungil, Etruscan Shrew memiliki nafsu makan yang besar. Dalam sekali berburu, ia sanggup memakan mangsa yang ukurannya bisa 2 kali lebih besar dari berat badannya sendiri. Tikus ini sering diburu oleh manusia lantaran dianggap sebagai hama.

11. Vaquita (Lumba-lumba)

11goldenliontamarin.files.wordpress.com

Sumber: goldenliontamarin.files.wordpress.com

Vaquita adalah mamalia terkecil di dunia dari jenis lumba-lumba. Hewan ini hanya bisa ditemukan di Laut Cortez, Teluk California. Dilihat dari ukuran tubuh, mamalia laut ini hanya memiliki panjang tubuh yang tak lebih dari 1,7 meter dan berat 55 kilogram. Ia memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dan warna dasar abu-abu gelap seperti lumba-lumba pada umumnya, Ia menyantap cumi-cumi sebagai menu utamanya.

Perairan yang ditinggali Vaquita sangat keruh, hal itu disebabkan dengan banyaknya sampah-sampah yang berserakan di sekitar perairan tempat ia tinggal. Hal ini tentu mengancam kelestarian alam di habitat aslinya, dan tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada populasi dari Vaquita. Pemerintah setempat menetapkan mamalia laut ini sebagai hewan yang keberadaannya terancam punah dan wajib dilindungi.

12. Padloper berbintik (Kura-kura)

13animalpicturesociety.com

Sumber: animanlpicturesociety.com

Disebut sebagai kura-kura berbintik karena memiliki bintik-bintik di sekitar cangkangnya. Berat tubuh Padloper hanya 5 ons dan panjang sekitar 4 inci. Hewan ini memiliki 2 spesies yang terbelah oleh wilayah, satu di bagian utara yang dikenal dengan nama North Speckled Padloper dan satunya lagi berada di selatan dengan nama Southern Speckled Padloper.

Keberadaan kura-kura jenis ini termasuk ke dalam golongan hewan langka. Hal ini diperkuat dengan adanya kegiatan jual-beli hewan baik itu telur, cangkang, paruh hingga dagingnya.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Janwar Panca

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?