6 hari yang lalu

Lekatnya Indonesia dengan dunia mistis membuat masyaraktanya memiliki berbagai daerah yang diklaim mengandung unsur magis. Tempat yang dianggap keramat ini, biasanya digunakan orang untuk mencari bantuan supaya terkenal, berkuasa, atau kaya. Tempat yang paling terkenal sebagai lokasi pesugihan paling ampuh adalah gunung Kawi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ritual yang mereka lakukan diantaranya;

1. Petilasan Prabu Sri Kameswari

pesugihan-kraton-kawi_33846098884_o

Sumber: flickr.com

Tempat ini awalnya adalah lokasi pertapaan Prabu Kameswari dari kerajaan Hindu sebelum berperang agar berhasil memenangkan peperangan. Kini lokasi yang disebut keraton ini, menjadi salah satu tempat yang dijadikan orang untuk memuja dan bertapa agar menjadi kaya. Banyak sesajen dan berbagai aktifitas magis lainnya di kawasan ini.

2. Hari Jum’at Legi Dan 12 Suro

pesugihan-gunung-kawi-suro_33878770143_o

Sumber: flickr.com

Hari ini dikenal sebagai hari Eyang Jugo dan Eyang Sujo yang merupakan asisten Pangeran Diponegoro. Dihari ini, banyak dilakukan ritual seperti sesajen, pembakaran dupa, bersemedi hingga berbulan-bulan dari hari pertama orang datang ke sini. Sebelum bertapa maka orang-orang akan diminta untuk mandi keramas dan berdo’a.

3. Pohon Dewandaru

pesugihan-gunung-kawi-dewandaru_33878748643_o

Sumber: flickr.com

Pohon ini dianggap sebagai pohon dewa atau shian-to. Para pengunjung akan mengerumuni pohon ini dan menunggu sampai ada daun, buah, atau dahan yang jatuh lalu mengambilnya dan menyimpannya sebagai jimat di dalam dompet. Mereka meyakini menyimpan bagian pohon dewandaru akan membawa kekayaan. Butuh waktu lama menunggu bagian pohon yang jatuh ini, bahkan bisa sampai berbulan-bulan.

pesugihan

Sumber: linkedlin.com

Nah, inilah beberapa ritual yang ada di Gunung Kawi. Kebenaran menjadi kaya karena pesugihan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah maupun ilmu ekonomi. Namun yang pasti, seseorang menjadi kaya karena berusaha dan berdo’a kepada Tuhan agar kekayaannya menjadi berkah dan tidak membuat mereka berada dalam permasalahan yang lebih besar karena kekayaan yang dimiliki kelak.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Azzura

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?