07 Dec 2017 yang lalu

Dengan bentuknya yang besar dan tinggi, senjata ini tidak bisa digunakan oleh satu orang. Dibutuhkan banyak orang yang harus berkerja sama untuk menggunakannya. Dahulunya, senjata ini sangat ditakuti oleh banyak orang. Adalah Trebuchet, senjata pelontar yang melontarkan batu - batu besar ke arah kota untuk mengahancurkan segalanya.

trebuchet

Sumber : en.wikipedia.org

Dilansir dari en.wikipedia.org Trebuchet pertama kali digunakan di Cina pada abad 4M dan dikembangkan lebih lanjut oleh bangsa Romawi di abad ke 6M. Awalnya Trebuchet hanya terbuat dari kayu yang dibengkokan dan ditahan dengan benda lentur.

Kemudian bangsa Romawi mengembangkannya dengan penambahan penahan beban. Hal itu digunakan untuk menambah jauh dan kuat tembakan.

trebuchet 1

Sumber : medievalists.net

Seiring dengan perkembangan perang, senjata berat ini semakin berkembang. Trebuchet diberikan penambahan beban lebih dan penahan serta tali pengoperasian.

Ia juga diberi roda dan tuas otomatis untuk memudahkan dalam pemindahan dan penggunaan. Untuk menguasai suatu kota, Trebuchet digunakan dalam formasi beberapa baris.

Sekali ditembakkan, kerusakan total kota sudah di depan mata. Nyawa manusia pun dapat melayang seketika karena terkena peluru yang ditembakkan.

trebuchet 2

Sumber : ewx.livejournal.com

Apa yang ditembakkan pun bermacam - macam. Awal diciptakan, Trebuchet hanya menembakkan batu - batu besar. Sekitar tahun abad ke 13, bangsa Romawi menggunakan bola besi untuk meningkatkan daya hancur.

Di abad yang sama, bangsa Mongol menggunakan bangkai mayat berpenyakit yang ditembakkan ke dalam kota untuk membuat seisi kota terkena penyakit membunuh penduduk.

Abad ke 15, bangsa Turki menggunakan bola besi yang dilumuri minyak dan dibakar dengan api. Selain memiliki daya hancur yang tinggi, api dapat memberikan efek tambahan berupa terbakarnya kota. Dengan begitu musuh akan semakin melemah dan memilih untuk menyerah.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Meinidj Bagawan

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?