17 Jul 2017 yang lalu

Sejarah perkembangan Indonesia mencatat ada sebagian kecil kisah masa lampau yang hingga kini belum bisa dibuktikan kebenarannya namun masih dipercayai oleh masyarakat. Beberapa di antaranya adalah tempat yang hilang secara misterius beserta dengan isi di dalamnya, yakni berupa penduduk dan berbagai harta benda.

Setidaknya ada 3 kampung di Indonesia yang konon pernah ada dan dipercaya oleh banyak orang, namun secara mengejutkan kampung itu menghilang tanpa jejak dan bukti yang nyata. Apakah anda mau percaya atau tidak, silakan nilai sendiri 3 desa yang hilang ini.

1. Kampung Besari - NTB

kampung besari

Sumber: 7og4nk.blogspot.com

Di daerah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, ada sebuah mitos yang berkembang dan dipercaya masyarakat karena banyak saksi yang menyaksikan fenomena ini. Kampung Besari adalah kampung gaib yang ada di sekitar air terun Kertagangga. Konon ceritanya kampung ini menghilang sejak masa penjajahan karena penduduk yang enggan ditindas berdoa kepada Tuhan agar kampungnya tak kasat mata dan itulah yang menyebabkan kampung ini disebut kampung tak kasat mata.

2. Kampung SInjang Moyang

kampung sinjang moyang

Sumber: sep2sip.blogspot.com

Desa yang ada sejak masa kerajaan Padjadjaran ini berada di Situ Gede, Tasikmalaya, Jawa Barat. Konon desa ini ditinggali oleh para penduduk yang rakus dan sering merampas harta kerajaan dengan cara yang licik sehingga mendapat azab dan menghilang tanpa jejak. Sayangnya, kebanyakan orang yang mendengar legenda ini menganggap bahwa Sinjang Moyang hanya sebuah mitos belaka.

3. Desa Dukuh Legetang - Wonosobo

dukuh legetang

Sumber: bambies.wordpress.com

Dari semua legenda tentang tempat yang hilang di Indonesia, sepertinya Dukuh Legetang jadi yang paling terkenal karena masih ada bukti peninggalan berupa tugu yang berisi peringatan tentang hilangnya sebuah desa dalam semalam.

Konon penduduk Dukuh Legetang suka berbuat maksiat sehingga Tuhan menimpakan bagian gunung Pengamun-amun dan menimbun mereka di bawahnya. Cerita mistis di tempat itu masih terus dipercaya hingga saat ini.

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Sun

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?